Kamis, 17 Januari 2013

Kisah 8 Nabi

IDRIS
Nabi Idris a.s diyakini sebagai nabi pertama yang menulis dengan pena. Masyarakat terdahulu mempercayai pula bahwa ia dibawa ke surga tanpa mengalami kematian. Peristiwa itu terjadi ketika beliau berusia 82 tahun.
ILYAS
Nabi Ilyas a.s tinggal di lembah sungai Yordan dimana penduduknya menyembah berhala. Ilyas menyeru kepada mereka untuk meninggalkan berhala, namun mereka tidak mengindahkannya, bahkan menantang agar Tuhan yang disembah Ilyas menurunkan bencana. Akhirnya kekeringan melanda daerah tersebut. Setelah beberapa tahun, Nabi Ilyas dapat meyakinkan kaum tersebut untuk menyembah Allah SWT.
ILYASA
Nabi Ilyasa a.s merupakan kerabat dekat nabi Ilyas a.s. Setelah Ilyas meninggal, beliau melanjutkan perjuangan Ilyas untuk menghalau penyembahan berhala yang kembali merebak di lembah sungai Yordan. Namun kaum tersebut tidak mau mendengarkan sehingga bencana kekeringan kembali melanda mereka.
ISA
Nabi Isa a.s adalah putra Maryam yang dilahirkan tanpa memiliki suami. Hal ini menimbulkan konroversi dan hujatan bertubi-tubì kepada Maryam. Secara ajaib, Isa yang saat itu masih bayi tiba-tiba berbicara menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi, bahwa penciptaan dirinya diawali dari kedatangan malaikat Jibril kepada ibunya. Isa juga memperlihatkan banyak mukjizat lainya ketika ia dewasa, diantaranya membentuk seekor burung hidup dari tanah liat, menghidupkan orang mati, menyembuhkan kebutaan, dan mendatangkan makanan yang semula tidak ada. Penyelamatan Nabi Isa dari penyaliban juga merupakan salah satu bentuk mukjizat yang diberikan Allah SWT.
ISHAQ
Nabi Ishaq banyak menemani bapaknya, Ibrahin a.s dalam berdakwah menyebarkan Islam.
ISMAIL
Nabi ismail a.s dan keluarganya merupakan orang-orang yang terdahulu melaksanakan haji. Suatu saat Ismail haus dan ibunya bolak-balik dari bukit Safa-Marwah untuk mencari air, hingga akhirnya keluar sebuah mata air yang saat ini dikenal sebagai air zamzam. Dalam perjalanan menuju tempat penyemblihan, Ismail di goda oleh syaitan agar membatalkan niatnya. Namun Ismail tidak goyah dan melempar syaitan tersebut dengan batu, yang saat ini menjadi ritual ibadah haji, yaitu melempar jumrah. Seperti yang kita tahu, saat akan disembelih jasad Nabi Ismail a.s digantikan oleh seekor kambing, yang akhirnya menjadi cikal bakal ibadah Idul Adha.
LUTH
Perjuangan nabi Luth a.s adalah menyeru kaum Sodom untuk kembali ke jalan yang benar, yaitu meninggalkan homoseksual, kemudian menyembah Allah. Pada akhirnya Allah SWT berfirman agar Luth segera meninggalkan pemukimanya dan kemudian Allah menurunkan azab yang pedih kepada kaum tersebut.
MUSA
Fir'aun merupakan salah satu kisah yang tersohor. Dikisahkan bahwa Fir'aun merasa terancam dengan keberadaan Nabi Musa a.s yang menyebarkan ajaran untuk mengesakan Allah. Mereka bertarung dan Musa memenangkannya dengan bantuan tongkatnya. Kemudian ia dan kaumnya dikejar oleh pengikut Fir'aun, namun mereka berhasil lolos dengan bantuan tongkat Musa yang dapat membelah lautan. Nabi Musa a.s mendapat mukjizat kitab Taurat, yang dikenal dengan Perjanjian Lama yang berisi ajaran pokok 10 Perintah Allah SWT.

0 komentar:

Posting Komentar

Sample text

Havez De Alvero © 2008 Template by:
SkinCorner